Rabu, 06 Desember 2017

Analisa Iklan Lifebouy

Lifebuoy adalah salah satu merek tertua di Unilever, sebuah merek yang benar-benar mendunia. lifebuoy Sabun pertama kali muncul pada tahun 1894 di Inggris, untuk mendukung orang-orang dalam pencaharian mereka untuk kebersihan pribadi yang lebih baik.

Iklan lifebuoy sangat unik dan kreatif yang menampilkan design simple dengan gambar kucing berbentuk roti diatas piring dan ber background di dapur yang sangat polos. selain kucing ada juga roti yang menyerupai anjing diatas talenan dan sama ber background di dapur.



Dengan mengusung teori Agenda Setting, dimana media massa memiliki kekuatan untuk mempengaruhi bahkan membentuk pola pikir khalayak setelah mendapatkan informasinya.

McCombs dan Shaw menerangkan lebih lanjut bahwa media massa mempunyai kemampuan untuk membuat masyarakat menilai sesuatu yang pantin berdasarkan apa yang disampaikan media, dengan kata lain we judge as important what the media judge as important.

Dalam iklan ini, pihak lifebuoy sengaja mengeluarkan iklan yang kreatif dan menarik ini agar para pelihat iklan akan berpikir dan bahkan bisa selalu teringat karena bentuk iklan yang sangat unik. Iklan ini ditujukan kapada semua usia baik anak-anak maupun orang tua. dengan ukuran gambar, tulisan yang sedikit membuat terlihat sangat sederhana iklan ini dapat membuat orang-orang tertarik untuk melihatnya.

di Iklan ini menjelaskan maksudnya adalah kita sebagai manusia jika ingin makan sesuatu harus bercuci tangan sebelum makan dan sesudah makan. dan maksud dari gambar hewan yang ada, kita jangan seperti hewan jika makan tidak cuci tangan. maksud dari roti yang ada kita jangan langsung memakan roti itu sebelum bercuci tangan, walaupun roti bukan makanan berat bagi orang Indonesia tetap harus selalu bercuci tangan terlebih dahulu. seperti yang tertulis di dalam iklan "you eat what you touch", ini sangat jelas bahwa hewan memegang benda bersih maupun kotor dan setelah itu makan makanannya. nah dari situ menunjukkan Bahwa kita harus bisa hidup sehat mulai dari hal keil superti bercuci tangan.

Tetapi McCombs dan Shaw tidak menutup pandangan yang menghargai dan meyakini bahwa khalayak juga memiliki kekuatan sendiri, yaitu dengan hipotesis selective exposure. Hipotesis ini menjelaskan bahwa manusia cenderung hanya akan melihat dan membaca informasi seria berita yang sejalan dan tidak mengancam atau bertentangan dengan kepercayaan yang selama ini miliki dan bangun. Hal ini menunjukan kekuatan dan kebebasan manusia dalam memilih, menyotir, dan menerima pesan yang disampaikan oleh media massa. Di dalam iklan ini menunjukkan bahwa dengan gambar hewan dan roti menjadi satu itu memiliki makna dan pemikiran yang berbeda dalam setiap orang. Jika kita ingin hidup sehat mulai lah dari hal kecil dengan membiasakan diri bercuci tangan dengan lifebuoy.

Netizen banyak berkomentar dan menilai iklan ini. Banyak juga yang berkata sangat unik, kreatif dan lucu iklan ini.


(sumber gambar : Google)


nama : Liza Luai'ati Niswah
NIM  : 2016-41-025
Kelas : D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisa Iklan Lifebouy

Lifebuoy adalah salah satu merek tertua di Unilever, sebuah merek yang benar-benar mendunia. lifebuoy Sabun pertama kali muncul pada tahun...